Menghidupkan Kembali Perpustakaan Masjid At-Taqwa Dusun Pandes II


 Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang melakukan pekerjaan Kuliah Kerja Riil (KKN) Mandiri angkatan 102 barisan 258 Dusun Pandes II, Desa Wonokromo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, DIY melakukan pekerjaan memproses buku-buku di Perpustakaan Masjid At-Taqwa dari tanggal 21 Juli 2020 sampai tanggal 18 Agustus 2020.

Trik Merawat Paruh Ayam Laga

Pekerjaan ini dilaksanakan dengan masih patuhi prosedur kesehatan di masa new normal. Latarbelakang diselenggarakannya pekerjaan ini untuk hidupkan kembali lagi perpustakaan masjid yang pernah mati karena tidak ada penerus yang melanjutkan mengurus perpustakaan. Disamping itu, situasi perpustakaan yang tidak terurus.


Semua koleksi berbentuk buku-buku yang dipunyai oleh Perpustakaan Masjid At – Taqwa benar-benar berdebu, tidak tertangani, amburadul, serta ada beberapa buku-buku yang sampai sobek serta dikonsumsi oleh rayap. Benar-benar disayangkan, walau sebenarnya koleksi buku-buku yang dipunyai banyak serta menarik, dapat disebutkan lebih dari 500 eksemplar. Sebab hal itu serta salah satunya anggota barisan 258 adalah mahasiswi dari jurusan pengetahuan perpustakaan, karena itu barisan KKN 258 berinisiatif untuk hidupkan kembali lagi perpustakaan dengan bersihkan, memisah, serta memproses lagi buku-buku yang dipunyai oleh perpustakaan.


Mengingat, keutamaan perpustakaan masjid yakni untuk salah satunya instansi pendidikan di masjid dan sumber ilmu dan pengetahuan serta pengetahuan keagamaan buat warga. Adanya perpustakaan masjid yang teratur serta terkelola secara baik, warga bisa dengan gampang terhubung info serta warga tak perlu jauh untuk dapat memperoleh beberapa info, baik di bagian keagamaan atau ilmu dan pengetahuan umum.


Memproses lagi buku-buku yang dipunyai oleh Perpustakaan Masjid At – Taqwa, menurut pengetahuan perpustakaan ada tahapan-tahapan pada umumnya. Mengenai tahapan-tahapannya seperti berikut.Proses bersihkan buku-buku. Buku-buku yang berdebu yang dipunyai oleh perpustakaan dibikin bersih oleh semua anggota barisan KKN 258 serta dipilah di antara buku yang wajar serta tidak wajar untuk dibaca.


Sesudah buku-buku dibikin bersih serta dipilah, buku-buku diklasifikasikan. Sebab koleksi yang dipunyai Perpustakaan Masjid At – Taqwa semua adalah buku yang terbagi dalam tipe perputaran serta rujukan, karena itu buku-buku itu serta buku-buku bantuan yang dibuka oleh barisan KKN 258 diklasifikasikan atau digolongkan sesuai disiplin ilmunya memakai aplikasi DDC (Dewey Decimal Clasification).


Disiplin pengetahuan yang ada di aplikasi DDC mencakup sepuluh kelas, salah satunya, kelas 000 (berisi tentang karya umum), kelas 100 (berisi tentang filsafat serta psikologi), kelas 200 (berisi tentang agama), kelas 300 (berisi tentang ilmu-ilmu sosial), kelas 400 (berisi tentang bahasa), kelas 500 (berisi tentang ilmu-ilmu alam serta matematika), kelas 600 (berisi tentang tehnologi serta ilmu-ilmu terapan), kelas 700 (berisi tentang kesenian, selingan, serta olahraga), kelas 800 (berisi tentang kesusastraan), kelas 900 (berisi tentang geografi serta riwayat).


Postingan populer dari blog ini

After being actually allow the university through yet another staffer

The dawn of modesty

power of provocation