Mengenang Respon Internasional Terhadap Kemerdekaan RI

 




Menurut Prof. Mr. Soekarno, negara adalah satu ormas yang ada di wilayah atau daerah spesifik, dengan kekuasaan negara yang berlaku dalam kedaulatannya. Prof. Miriam Budiardjo menjelaskan jika negara ialah organisasi dimana satu daerah bisa memaksa kekuasaannya dengan cara resmi pada semua kelompok kekuasaan yang lain.

Trik Merawat Paruh Ayam Laga

Pada umumnya, negara ialah beberapa kumpulan warga yang tempati satu daerah serta mempunyai organisasi pemerintah negara yang resmi. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mempunyai 193 negara sebagai anggotanya. Ada banyak negara yang tidak masuk dari PBB, tapi ada pula banyak wilayah yang tidak disadari untuk negara.


Untuk membuat satu negara, negara harus penuhi kriteria spesifik. Kriteria terciptanya satu negara dapat disaksikan pada Konvensi Montevideo 1933. Menurut Konvensi Montevideo, beberapa unsur penting dalam pembangunan negara ialah penghuni (masyarakat/rakyat), daerah, pemerintah yang berdaulat, kesanggupan untuk terkait dengan negara lain, serta pernyataan dari negara lain. Penghuni adalah beberapa orang di daerah negara itu serta tinggal hingga jadi anggota dari negara itu. Daerah adalah ketentuan penting yang dibutuhkan untuk membuat satu negara sebab tanpa ada daerah, negara tidak dapat dihuni oleh penghuni.


Pemerintah mempunyai peranan untuk mengendalikan, menjaga, amankan, serta memperlancar negara. Pemerintah dapat juga mengendalikan jalinan dengan negara dalam bagian ekonomi, politik, kebudayaan, Pendidikan, dan lain-lain Walau kita mempunyai beberapa hal fundamen pembangunan negara, tanpa ada pernyataan negara lain, negara tidak dipandang ada.


Indonesia sah jadi negara yang sudah disadari oleh penjuru dunia. Pas 17 Agustus 2020, Indonesia rayakan hari kemerdekaan ke-75. Perjuangan yang sudah dilalui oleh beberapa pahlawan bukan hal yang gampang untuk dilaksanakan. Sesudah merdeka, warga harus tetap jaga kemerdekaan Indonesia. Tetapi, Indonesia alami beberapa rintangan pada saat proklamasi. Salah satunya misalnya ialah impak dari politik asing yang mengurus sumber daya yang Indonesia punya.


Disamping itu, warga Indonesia sama-sama mengubah sama-sama. Indonesia adalah negara yang beragam macam suku, ras, etnis, budaya, serta agama. Tetapi berlebihanisme agama berlangsung waktu saat proklamasi kemerdekaan Indonesia. Contoh dari berlebihanisme agama ini berlangsung sebab pandangan mereka pada agama yang keliru, yang dapat mengakibatkan mereka lakukan tindakan terorisme. Sampai saat ini, rintangan bangsa Indonesia masih ada.


Sekarang ini rintangan dalam negeri yang Indonesia hadapi ialah korupsi, kolusi, nepotisme, terorisme, radikalisme, rintangan dalam perekonomian negara, penegakkan hukum, dan lain-lain. Mengenai rintangan luar negeri yang Indonesia menghadapi ialah intimidasi kebudayaan Indonesia, hasutan dari negara lain, intimidasi pertahanan serta keamanan, dan lain-lain.


Untuk hadapi tantangan-tantangan yang berlangsung saat proklamasi sampai sekarang ini, warga Indonesia harus mempunyai usaha menjaga kemerdekaan Indonesia. Pada saat proklamasi, Indonesia memutuskan Undang-Undang Fundamen RI 1945 dan membuat pemerintahan dengan Soekarno untuk presiden serta Mohammad Hatta untuk wapres. Pada sekarang ini, Indonesia masih lakukan pertarungan untuk jaga kemerdekaan Indonesia. Disamping itu, Indonesia serta Belanda tanda-tangani Kesepakatan Linggarjati serta perjanjian-perjanjian yang lain. Pada 23 Agustus 1949, Pertemuan Meja Bulat (KMB) dikerjakan dengan hasil mengatakan jika Belanda akan selekasnya menyerahkan kedaulatan pada Republik Indonesia Serikat (RIS).


Pada akhirnya pada 27 Desember 1949, penyerahan kedaulatan Belanda pada Indonesia dilaksanakan di Istana Merdeka serta bendera ditukar jadi bendera Merah Putih. Walau saat ini Indonesia telah jadi negara yang bebas dari penjajahan Belanda serta beberapa negara yang lain, kita harus tetap jaga kesatuan bangsa Indonesia.


Sesudah penyerahan kedaulatan Belanda pada Indonesia diadakan di Istana Merdeka, ada banyak negara yang mengaku kemerdekaan Indonesia. Pernyataan kemerdekaan bermakna negara lain akui jika Indonesia telah jadi negara sah yang bebas dari penjajahan. Tiga negara yang mengaku kemerdekaan Indonesia ialah Mesir, India, serta Australia.


Di Mesir, Al-Ikhwan Al-Muslimun (IM) terus menunjukkan supportnya. IM memberi kebebasan pada mahasiswa Indonesia untuk menulis mengenai kemerdekaan Indonesia serta pemuda berulang-kali mendemo kedutaan Belanda di Kairo. Pernyataan dari Mesir jadi pembuka jalan buat usaha Indonesia menjaga kemerdekaannya.


Postingan populer dari blog ini

After being actually allow the university through yet another staffer

The dawn of modesty

power of provocation