Mahasiswa KKN Unesa Bantu Promosikan Produk


 Desa Jenguki, Kecamatan Jenguki, Kabupaten Tulungagung, salah satu desa pemroduksi produk favorit yang melimpah. Dari mulai produk olahan sendiri yang siap mengonsumsi atau produk kerajinan tangan. Beberapa produk favorit Desa Jenguki salah satunya seperti berikut: kacang bendo, kerajinan batok kelapa, minyak kelapa, tas rajut, susu kedelai, arem-arem, serta gethuk lindri.

Penjualan produk favorit ini dari mulai dalam kota sampai ke luar wilayah seperti Kalimantan serta Sulawesi. Tetapi sebab ada epidemi, keuntungan yang umumnya didapat oleh pebisnis serta pengrajin alami pengurangan sebab sepi peminat. "Umumnya jika tidak ada Corona seperti saat ini, banyak konsumen setia yang pesan. Tapi sebab Corona, jadi sepi serta pengiriman juga jadi sulit." Tutur Bu Wiwit, pemilik Ais Collection.


Dari hal itu, KKN Gelombang IV Kampus Negeri Surabaya di Desa Jenguki, Kecamatan Jenguki, Kabupaten Tulungagung membuat pengembangan pekerjaan "Kios Desa Keliling" untuk tingkatkan daya jual produk favorit Desa Jenguki. Pekerjaan ini dikerjakan di hari Minggu, 16 Agustus 2020 di Pantai Gemah. Pantai Gemah diambil untuk tempat kios desa keliling sebab adalah pantai yang dekat sama Desa Jenguki serta ramai pengunjung. Ini dilaksanakan untuk survey pasar, apa produk akan laris bila dipasarkan di Pantai Gemah.

Pada hari sebelum mengadakan kios desa keliling, team KKN Unesa sudah lakukan photo produk serta pengerjaan simbol untuk branding. Produk yang belum mempunyai simbol serta paket yang menarik akan dibantu oleh team KKN dalam pengemasan supaya bertambah menarik. Bahan branding seperti simbol, kartu nama, serta paket yang menarik tentu saja akan bermanfaat dalam penerapan kios desa keliling. Kios desa keliling diawali semenjak jam 09:00 -- 12:00 WIB.

Semasa waktu berjalannya kios desa keliling, produk dari Desa Jenguki laku terjual intinya produk minuman dan makanan. Di pekerjaan itu, Team KKN bagikan brosur yang berisi informasi tentang produk favorit Desa Jenguki ke pengunjung pantai supaya produk favorit desa makin populer.

Keinginan dari pekerjaan kios desa keliling ini, mudah-mudahan pengembangan dalam pekerjaan branding serta penjualan yang sudah dilaksanakan tetap diaplikasikan oleh beberapa pengrajin serta pebisnis di Desa Jenguki. Hingga penjualan produk favorit desa akan makin luas serta keuntungan pemasaran terus bertambah.

Postingan populer dari blog ini

After being actually allow the university through yet another staffer

The dawn of modesty

power of provocation