Aurora, Si Cahaya Cantik yang Berdansa


 Di dunia ini banyak kejadian alam yang mengagumkan karya Si Pencipta. Salah satunya deskripsi hasil karya-Nya ialah satu kejadian indah yang populer dengan panggilan Aurora, satu sinaran sinar yang berdansa di langit yang gelap gulita.

Trik Merawat Paruh Ayam Laga

Aurora yang memiliki nama lain Polar Lights ialah satu kejadian alam yang membuat satu sinaran sinar berwarna-warni pada susunan ionosfer dari satu planet. Warna yang dipunyai Aurora ini bermacam, tetapi warna hijau, biru, serta ungu jadi warna yang seringkali nampak. Keelokan beberapa warna itu menghiasi langit yang luas membuat kejadian ini benar-benar mempesona.


Sebelumnya sinaran sinar cantik Aurora ini bermula dari matahari yang mempunyai solar cycle atau siklus matahari, satu siklus yang berlangsung sebelas tahun sekali dimana jumlah bintik matahari beragam. Matahari alami babak aktif dan pasif. Waktu aktif, matahari akan membuahkan banyak bintik yang disebutkan dengan sunspot. Sedang dalam babak pasif matahari, bintik yang dibuat semakin sedikit.


Bintik matahari yang banyak dikarenakan oleh medan magnet yang sama-sama bertentangan membuat bergerak keluar dari permukaan matahari. Selanjutnya plasma atau gas-gas yang ada di seputar matahari makin menarik medan magnet jauhi matahari. Medan magnet yang tertarik keluar matahari itu lama kelamaan putus hingga menjadi solar wind atau yang diketahui dengan angin surya.


Contoh Angin Surya Angin surya ini setelah itu menghajar medan magnet bumi. Partikel-partikel yang ada pada angin surya (elektron serta proton) ini juga bereaksi dengan partikel gas di seputar atmosfer bumi serta membuahkan sinar dengan beberapa warna mengagumkan. Jika partikel elektron bereaksi dengan oksigen maka membuahkan warna hijau/merah, sedang partikel elektron dengan nitrogen akan membuahkan warna biru/ungu.


Sayangnya, buat kita yang tinggal di Indonesia belum dapat nikmati keelokan Aurora dengan cara langsung sebab kejadian ini cuma dapat kita melihat di lingkar kutub bumi. Kejadian ini cuma akan ada pada bulan-bulan Maret serta September sampai Oktober akhir. Hanya karena bisa di nikmati dari wilayah kutub bumi, Aurora terdiri jadi dua, yakni Aurora Borealis (Northern Lights) ada di kutub utara serta Aurora Australis (Southern Lights) ada di kutub selatan bumi.


Kejadian Aurora yang cantik ini sebuah keelokan yang pantas disyukuri. Walau kejadian ini tidak bisa kita nikmati dengan cara langsung tapi mata kita masih bisa dipuaskan lewat bacaan, photo atau sumber yang lain mengenai Aurora. Bisa kelak kita bisa lakukan perjalanan ke wilayah kutub untuk menikmatinya dengan cara langsung. Siapa tahu, kan?


Postingan populer dari blog ini

After being actually allow the university through yet another staffer

The dawn of modesty

power of provocation